Kurikulum SMK Harus Selaras dengan Industri
Pengembangan SMK HUB Pariwisata Karawang

By HubinMas 12 Des 2018, 13:25:39 WIB Sekitar Kita
Kurikulum SMK Harus Selaras dengan Industri

Gambar : Serah terima dokumen kurikulum SMK link and match (docNedKar)


NedkarPost. Ibarat dua sisi uang koin, gambar dan angka, jika tidak bersatu dalam satu keping, ia tidak memiliki nilai untuk dibelanjakan. Demikian halnya kurikulum SMK, jika tidak “dikawinkan” dengan dunia usaha/industri maka lulusannya akan formalitas dan tidak siap bersaing di dunia kerja yang nyata. Untuk itu, SMK dan dunia usaha/industri seharusnya duduk dalam satu meja, bersama melakukan penyelarasan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Pada tanggal 25 – 26 September 2018, bertempat di Swiss Belinn Hotel, SMK Negeri 2 Karawang, selaku Sekretariat Pengem-bangan SMK HUB Pariwisata Karawang menyelenggarakan Workshop Penyelarasan Kurikulum Link and Match Kompetensi Keahlian Perhotelan.

Dalam sambutannya, Kepala SMK Negeri 2 Karawang, H. Lili Suhenda, S.Pd. M.Pd, mengatakan, “Pengembangan SMK HUB Pariwisata di Kabupaten Karawang merupakan implementasi dari program pengembangan SMK Berbasis Industri/Keunggulan Wilayah, Direktorat Pembinaan SMK, Kemendikbud RI, yang memberikan mandat kepada SMKN 2 Karawang sebagai kesekretariatan untuk bereksplorasi menerapkan pembelajaran yang selaras dengan industri/keunggulan wilayah, dengan melibatkan SMK Perhotelan dan industri mitra se Karawang. Sebagai narasumber telah hadir perwakilan dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pusat, P4TK, PSMK dan Subdit Lasjurin Kemendikbud RI, PHRI, Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat serta Tim Vokasi Pariwisata Kab. Karawang”.

Ketua Panitia workshop, Dra. Neni Djunaeniah melaporkan, “SMK Perhotelan yang hadir sebagai peserta ada 4 SMK, yaitu SMKN 2 Karawang, SMKN 1 Jatisari, SMKS Indonesia Emas dan SMKS Perbankan Indonesia, hadir pula 12 industri perhotelan, yaitu Hotel Akshaya, Hotel Brits, Hotel Swiss Bel-inn, Hotel Resinda, Hotel Grand Karawang Indah, Hotel Citra Grand, Hotel Batiqa, Hotel Mercure, Hotel Delonix, Hotel Amaris, Puri KIIC dan Hotel Prime Biz Karawang”.

“Dasar hukum penyelarasan kurikulum SMK ini harus mengacu kepada Permendiknas No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permen Perindustrian No. 03/M-IND/PER/1/2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan SMK Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri”, demikian pesan dari Dra. Yuliati Sri Nurhidayati, M.Si, Kasi Kerjasama Industri, Direktorat PSMK Kemendibud.

Miftahudin, Wakil Ketua Komite Tetap Pelatihan Tenaga Kerja Kadin Pusat, dalam pengarahannya mengatakan, “dengan tersusunnya kurikulum SMK yang Link and Match dengan industri, maka SMK akan lebih mudah menyesuaikan proses pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan industri, serta lebih mudah dalam penyusunan instruksi kerja (SOP) dan dalam penyusunan peralatan yang wajib dimiliki oleh SMK agar lulusannya mudah diserap oleh industri.

Hasil Penyelarasan kurikulum SMK Perhotelan Link and Match ini akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 di semua SMK yang memiliki Kompetensi Keahlian Perhotelan .... Semoga sukses...(w@d)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment